BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Naturalisasi pemain, setuju atau tidak…?


Akhir-akhir ini dunia olahraga khususnya sepakbola sedang rame-ramenya pro kontra soal naturalisasi pemain. Naturalilasi yang dimaksud adalah me-WNI kan warga keturunan atau yang memiliki darah Indonesia agar bisa memperkuat timnas. Sori, kalo bahasanya kurang dimengerti….

Warga keturunan yang dimaksud bisa memiliki darah dari ibu atau bapak… Biasanya warga keturunan tersebut hidup atau tinggal di luar negeri di negara asal salah satu orang tua, ibu atau bapak.

Tapi untuk yang memiliki darah dari kakek, nenek atau buyut saya gak tahu bisa dinaturalisasi atau tidak…. Mungkin rekan-rekan lebih tahu..

goal.com

Sebut saja Irfan Bachdim, Alessandro Trabucco dan Kim Jeffry Kurniawan… Mereka adalah sedikit dari sekian banyak pemain berdarah Indonesia yang sedang diproyeksikan untuk dinaturalisasi…

Kembali ke pro kontra naturalisasi, pemerintah melalui PSSI dan Menteri Olahraga menjelaskan bahwa tujuannya dalah untuk meningkatkan kemampuan timnas, selain memaksimalkan pembinaan pemain muda. Dengan demikian diharapkan timnas di masa depan mampu bersaing dan berprestasi di tingkat regional maupun internasional.

Di luar negeri naturalisasi bukanlah hal aneh. Banyak sekali pemain yang memilih membela negara asal keturunannya dan meninggalkan negara tempat dimana dia dilahirkan. Satu contoh Kevin-Prince Boateng, pemain yang lahir di Jerman ini lebih memilih membela Ghana dari pada tanah kelahirannya.

Kemudian Owen Hargreaves yang memilih membela Inggris daripada Canada tempat ia dilahirkan. Selain itu masih banyak pemain dengan kasus serupa yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu…

Yang paling dekat adalah Singapura… Negara ini malah lebih parah. Meraka me-naturalisasi banyak pemain Afrika dan Eropa yang tidak memiliki darah Singapura sedikitpun.. So, yang akan dilakukan di Indonesia masih lebih masuk akal..

Banyak pihak yang setuju dengan rencana tersebut, namun tidak sedikit yang kontra.. Terutama yang kontra, mereka beralasan akan dikemanakan nasib para pemain yang asli Indonesia…? Padahal sepengetahuan saya dari beberapa info, pemain yang dinaturalisasi katanya gak ada jaminan juga jadi pemain timnas. Mereka harus tetap membuktikan kemampuannya terlebih dahulu….

So, pemain tulen nusantara tetap memiliki kesempatan untuk menjadi pemain timnas. Justru dari sisi ini akan membuat suasana kompetisi yang kualitasnya semakin membaik… Itu jelas keuntungan… IMHO…

Nah kira-kira menurut rekan-rekan gimana…? Mangga di-share aja…. Hatur nuhun.

Filed under: Sepakbola, Soccer, , ,

One Response

  1. […] naturalisasi pemain keturunan kembali menyeruak… Kali ini BTN telah mendapatkan lima nama pemain dari […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: