BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Indonesia…. kompor “gas” mleduk


Masih ingat lagunya Benyamin S yang judulnya “Kompor Mleduk”.. ? Lagu tersebut pas sekali menggambarkan situasi yang sering terjadi akhir-akhir ini. Kompor mleduk boleh kita artikan sebagai kompor meledak dan biasanya menyebabkan kebakaran.

Nah kalo udah terjadi kebakaran, pasti gampang ditebak akibatnya.. Mulai dari jatuhnya korban mulai dari luka ringan sampai berat, rumah dan aset harta benda yang terbakar sampai dengan ladang usaha yang lenyap….

Gak kebayang oleh kita bagaimana nasib si korban. Sudah tidak punya tempat tinggal, aset ludes, mesti ngeluarin biaya pengobatan sampai paling parah yang kehilangan anggota keluarga… Nauzubillahimindzalik…

Lalu siapa yang salah? Itu sih pertanyaan paling gampang dan mungkin paling sering selain penyebab “kompor mleduk”..

Untuk mencari akar permasalahannya tidak cukup menuding bahwa ini salah pemerintah, distributor gas atau konsumen itu sendiri. Analisanya harus lebih mendalam hingga benar-benar ketemu apa yang dinamakan root cause.

Nah untuk mencari root cause itu, tugas pemerintah sebagai pemegang proyek ini..

Trus dari mana mulainya…? Langkah pertama cari dulu apa yang dnamakan Real Problem. Artinya adalah apa sebenarnya yang terjadi? Jelas… Real Problem-nya adalah kompor gas mleduk….

Lalu, kita cari apa penyebab awal dari kompor gas meledak.. Ini juga mesti kita klarifikasi di TKP… Misalnya ketemu penyebabnya tabung gas yang bocor, penyelidikan dilanjutkan dengan pertanyaan 5 Why? alias kenapa? kenapa? kenapa? sampai dengan ke akar masalahnya.

Kalo udah ketemu akar masalahnya atau root cause tersebut, tinggal cari solusinya agar gak kejadian lagi atau minimal pencegahan sudah sampai tahap maksimal dan resikonya sudah paling minimal.

Cara diatas cuma contoh untuk satu aspek saja… Perlu dikaji aspek lainnya, secara penyebabnya saya yakin tidak tunggal…

Semoga berguna..

Filed under: Artikel, , ,

One Response

  1. pemain baru mengatakan:

    ini dosa siapa???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: