BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Resensi Buku Linchpin: Are You Indispensable?


Apa yang akan Anda lakukan jika penerbangan Anda secara mendadak dibatalkan, padahal Anda sudah berada di bandara dan tidak ada penerbangan lain menuju ke kota tujuan Anda pada hari itu?

Mungkin, setelah marah-marah kepada staf maskapai penerbangan yang bersangkutan, Anda akan langsung pulang ke rumah atau menginap di hotel untuk menunggu penerbangan pada hari berikutnya. Anda juga akan menelepon keluarga atau sejawat di kota tujuan, memberitahukan bahwa kedatangan Anda tertunda selama satu hari.

Namun, bukan itu yang dilakukan seorang Richard Branson muda. Empat puluh tahun lalu, Branson pernah mengalami kejadian serupa. Ia sudah berada di bandara Puerto Rico,hendak menuju ke Virgin Islands. Tiba-tiba, ada pemberitahuan bahwa penerbangan tersebut dibatalkan. Padahal, penerbangan itu adalah penerbangan satu-satunya menuju Virgin Islands pada hari tersebut.

Bukannya marah-marah, Branson malah segera menuju ke tempat penyewaan pesawat yang ada di dekat situ dan menanyakan biayanya. Setelah itu, ia menghitung sebentar, lalu meminjam papan tulis dan menuliskan “Kursi ke Virgin Islands, $39”. Dengan membawa papan tulis tersebut, Branson kembali ke tempat tunggu para penumpang yang sama-sama dibatalkan penerbangannya tadi. Tak pelak, tawaran dari Branson ini pun menarik minat banyak orang.

Akhirnya, biaya penyewaan pesawat bisa tertutupi, dan Branson pun bisa berada di Virgin Islands tepat pada waktunya. Pengalaman ini pulalah yang di kemudian hari menginspirasi Branson untuk mendirikan maskapai penerbangan Virgin Air.

Inilah salah satu kisah inspiratif yang ada dalam buku Linchpin: Are You Indispensable? Karya Seth Godin, penulis dan pembicara terkemuka dalam dunia bisnis. Secara garis besar, Godin memang menggugah pembaca buku ini untuk menjadi seniman: seseorang yang berpikir dan bertindak orisinal, kreatif, memiliki gairah yang kuat (passionate), berani mengambil risiko, mampu menyelesaikan persoalan, serta mampu menggugah atau memengaruhi orang lain.

Download selengkapnya Resensi Linchpin: Are You Indispensable? DISINI

Peresensi : Bambi Dwi Indrio M

Filed under: Artikel, Download,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: