BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Kalah dari Laos 0-2, sepakbola Indonesia terpuruk


Itulah penggalan dari Suara Karya online edisi Selasa, 8 Desember 2009. Berita yang menambah terpuruknya rentetan hasil Timnas kita selama hampir 2 dekade. Sebagai seorang yang cinta negeri sendiri sedih rasanya mendengar berita tersebut.. Masa lawan Laos aja kalah…. Gimana nanti lawan Myanmar..? Mudah2an seh bisa evaluasi trus menang n lolos ke babak selanjutnya. 

Satu hal yang menambah kekecewaan tersebut adalah, Indonesia kalah secara menyakitkan dari tim yang secara kualitas notabene dibawah yaitu Laos. Memang dalam pertandingan tersebut, Laos bertindak sebagai tuan rumah. Tapi hal tersebut bukan sebagai alasan sebagai biang kekalahan…

Disebutkan lebih lanjut bahwa salah satu jajaran pelatih Indonesia mengatakan bahwa Impossible kita bisa menang dalam kondisi seperti itu (dibawah tekanan penonton tuan rumah). Menurut saya itu penyataan ”ngeles” dan tidak patut dijadikan diucapkan seorang profesional. Terlebih jumlah penonton cuma 9000 orang, jumlah yang sangat sedikit untuk menjadi ”teroris” pertandingan.

Justru harusnya mereka (PSSI dan jajaran), berpikir mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah masalah teknis ato non-teknis.. Jangan liat faktor eksternal dulu, tapi mawas diri terlebih dahulu…

Laos yang biasanya jadi ladang pembantaian Indonesia, bisa menjebol gawang kita 2 kali lewat Lamnao Sing-to pada menit ke-66 dan ke-76. Sementara kita gak bisa membalas satu gol pun.Apakah ini bisa diterima?

Memang sih bola bundar… Gak bisa dihitung seperti matematika. Tapi apakah dalam sekejap waktu kita bisa disalip Laos begitu saja… Ato kita mengalami kemunduran…?

Dunia belum kiamat.. Sudah saatnya PSSI instrospeksi diri… Jangan cuma ngandelin status quo, sudah saatnya mereka diganti….

Filed under: Sepakbola, Soccer, , ,

One Response

  1. odigusviyan mengatakan:

    hal paling memalukan buat sepakbola indonesia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: