BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Blog sebagai Media Promosi yang strategis


Semakin santer saja upaya YMKI menggelontor pasar sepeda motor dengan produk baru di tahun 2010. Bahkan beberapa hari lalu mereka menggandeng Bloggers sebagai media pertama yang dikasih tahu seluk beluk salah satu senjatanya New Jupiter Z… 

Mmmmm setelah AHM beberapa waktu lalu, YMKI berupaya menggandeng bloggers sebagai tempat promosi “gratis” mereka.Rupanya mereka sudah sadar bahwa media blog merupakan wahana yang strategis untuk menjual produk mereka.

Tetapi jangan lupa, selain itu dari blog, mereka akan banyak memperoleh kritikan, masukan atau bahkan cacian.Biasanya sih kalo produknya nyeleneh atao kurang inovatif bahkan bloggersnya kurang selera (emang makan…J). Namun hal tersebut pasti akan banyak berguna demi pengembangan produk yang lebih inovatif lagi…

Sebetulnya saya pengen juga ngebahas soal YMKI yang baru saja menggandeng bloggers ato tentang update-an New Jupiter Z n Yamaha Byson.. Tapi karena dah dikupas abizz oleh blog khusus motor seperti Mas Tri, Mas Taufik dan lain-lain,  saya urungkan niat buat nulis hal yang sama… Ya pasti kalah traffic lah hehehehe.. (Yang jelas sih minim pengetahuan n pengalaman tentang motor..)

So apa yang mesti dibahas ya…?

Setelah berapa lama akhirnya kepikiran buat ngebahas Blog yang ngebahas tentang blog… Maksudnya ya semacam review gitu… Dimana dalam era globalisasi ini dunia blogging menjadi satu media yang cukup baik dan strategis dalam memasarkan produk, branding dan pengembangan produk… Kenapa..? Panteng aja terus gan….

Sebenernya apa sih peranan blog yang dalam hal ini yang ngebahas tentang motor…

Menurut hemat dan pendapat saya, banyak.. Tapi saya cuma pengen bahas dua aja ah….

1. Media Informasi

Yang ini sudah jelas… Yang namanya website ato media internet sedikit banyaknya pasti memberikan informasi tentang sesuatu. Dalm kasus ini blog-blog akan memberikan informasi pada netter tentang isu produk baru, review produk, kekurangan dan kelebihan suatu produk bahkan komparasi atau perbandingan dari berbagai macam produk motor…

Pada dasarnya semua produk bagus dan beda-beda tipis… Hanya saja setiap produk memiliki kecenderungan untuk lebih menonjolkan sesuatu sebagai identitasnya.. Nah dari sono netter akan bisa mengerti (termasuk saya) produk mana yang sebenernya misalnya lebih kenceng, lebih irit, lebih inovasi, lebih ergonomi atau bahkan value price-nya lebih baik…

2. Media Promosi (Branding Product)

Nyambung dari nomer 1 mengenai identitas produk… Ini berlaku bagi para produsen atau ATPM.. Dalam hal ini suatu produk perlu memiliki brand untuk menjadi leader market. Contoh kasus Apple dengan iPodnya menjadikan produk serupa Zune dari Microsoft dan Walkman dari Sony keteteran..

Biasanya seorang blogger akan membuat postingan sesuatu sesuai dengan faktanya. Tanpa ada tekanan, unsur politik atau membawa kepentingan suatu golongan.Disinilah kelebihan dari blog dari media lain seperti koran, majalah, tabloid dan lainnya…

Secara mereka kan cuma seorang yang memiliki suatu hobi ngeblog yang biasanya berangkat dari orang2 yang memang hobi motor atau memiliki pengalaman tentang motor… Jadi ga ada tuh yang namanya tekanan dari atasan atu lainnya.. Mau nulis A ato  B ya terserah blogger sendiri… Jadi objektifitas dari isi blog pun dijamin 100% (bener gak seh…?)

Nah, berangkat dari situ, para ATPM motor di kita pun sudah mulai memperhitungkan keberadaan blog ini. Setelah AHM menggandeng bloggers sebagai “partner”, beberapa waktu kemari giliran YMKI yang menjadikan blog sebagai media pertama sebagai wahana publikasi produk barunya… Bahkan konon menurut beberapa informasi pabrikan Minerva pun sudah mengandeng blogger seperti dua ATPM tadi….

Menarik memang tren di era globalisasi ini, media informasi tidak lagi didominasi oleh media cetak atau elektronik konvensional. Era digital yang memberikan banyak ruang kepada semua pihak, lebih menjanjikan informasi yang lebih gres, cepat dan akurat…

So sapa lagi yang mo gandeng bloggers… Kalo sampai ga, bisa2 pasarnya kelaut….

Filed under: Artikel, Motorcycle, Otomotif, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: