BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Depdiknas rilis 10 koran berbahasa Indonesia terbaik


tribun jabar-manado

Pada hari Rabu (28/10/09), Balai Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, seperti dikutip situs resmi Pusat Bahasa Depdiknas, menetapkan 10 media massa nasional yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.

Adapun aspek-aspek yang dinilai pada penetapan ini yaitu struktur tulisan (paragraf) dan kalimat, diksi, gaya bahasa, dan penggunaan ejaan.

Pada daftar tersebut, terdapat dua surat kabar Persda Network masuk dalam 10 besar. Di posisi ke-10, Tribun Manado, koran baru yang terbit perdana 2 Februari 2009. Tribun Manado juga merupakan satu-satunya koran luar Jawa yang masuk 10 besar. Selain Tribun Manado, surat kabar Persda lainnya Tribun Jabar berdada di posisi ke-9, naik satu peringkat dari posisi sebelumnya pada tahun lalu.

Berikut urutan lengkap 10 besar koran berbahasa Indonesia terbaik tersebut :

  1. Koran Tempo,
  2. Kompas,
  3. Republika,
  4. Media Indonesia,
  5. Pikiran Rakyat,
  6. Suara Pembaruan,
  7. Koran Jakarta,
  8. Sinar Harapan,
  9. Tribun Jabar, dan
  10. Tribun Manado.

Pada kesempatan tersebut Pusat Bahasa Depdiknas juga memberikan penghargaan sastra kepada F. Rahardi (untuk karyanya, kumpulan puisi yang berjudul “Negeri Badak”), Triyanto Triwikromo (untuk karyanya, kumpulan cerpen yang berjudul “Ular di Mangkuk Nabi”), dan Agus Noor (untuk karyanya, kumpulan cerpen yang berjudul “Potongan Cerita di Kartu Pos”).

Selain itu, juga diberikan penghargaan untuk penulisan esai pengajaran bahasa/sastra bagi guru SD/MI tingkat nasional, festival musikalisasi puisi tingkat Jabodetabek, sayembara kaligrafi bahasa Indonesia dan sayembara proposal penelitian kebahasaan dan kesastraan.

Kemudian, Duta Bahasa dimenangkan oleh pasangan dari daerah DKI Jakarta, Jawa Barat dan disusul oleh pasangan dari daerah Bali. Lomba keterampilan berbahasa Indonesia bagi peserta BIPA melaui jaringan internet dimenangkan oleh Mara Bollard (Australia).

Sumber : PR,Kompas diolah

Filed under: Berita, , , ,

One Response

  1. […] barudakgudang.wordpress.com:Depdiknas rilis 10 koran berbahasa Indonesia terbaik « BarudakGudang"Bapak" Program Ruang Angkasa China Meninggal [Antara] Tweeps, Blogger, Forum Dukung Bibit-Chandra [Vivanews] … Motorcycle News. Insight Wins Japan Automotive Hall of Fame; All-Time … […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: