BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Kaizen dalam perusahaan


Kaizen 2

Apa itu Kaizen..? Secara bahasa Kaizen yang diambil dari bahasa Jepang yaitu Kai dan Zen. Kai artinya berubah atau change dan Zen berarti baik atau good. Jadi Kaizen dapat diartikan sebagai perubahan kepada arah lebih baik. Adapun dalam penggunaannya Kaizen sering dilengkapi dengan “berkesinambungan” dan dikenal sebagai continuous improvement.

Untuk lebih jelas mengenai Kaizen, yuk kita lihat…

Sesuai artinya, filosofi dari Kaizen adalah melaksanakan perbaikan atau peningkatan yang berkesinambungan. Adapun realisasinya dalam suatu perusahaan harus bisa membudaya dan mendarah daging dari tingkat atas (top management) sampai bawahan atau istilahnya way of life perusahaan.

Kata kunci dari kaizen sendiri ada 3 yaitu :

  • Continuous
  • Never Ending
  • Consistent

Adapun peranan Kaizen dalam suatu perusahaan adalah sebagai alat untuk menyelesaikan problem yang belum terselesaikan, menyelesaiakan masalah yang diangkat oleh management serta menemukan masalah yang selama ini belum terangkat yang dinamakan problem laten.

Beberapa aktifitas yang memerlukan Kaizen adalah :

  • Vallue added yi aktifitas yang memberikan keuntungan atas produk bagi pelanggan dan menjadikan harga atas produk
  • Non value added yi aktivitas yang tidak memberikan keuntungan atas produk bagi pelanggan dan menjadikan harga atas produk
  • 6R (Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, Rajin dan Rasa Aman) pada pengorganisasian tempat kerja
  • Prinsip penanganan material
  • SOP

Dalam prakteknya dalam pekerjaan sehari-hari, aktifitas Kaizen dapat diwujudkan dalam bentuk :

  • SS (Sugestion System)
  • QCC (Quality Control Circle)
  • QCP (Quality Control Project)
  • PPS (Practical Problem Solving)

Untuk mewujudkan Kaizen yang membudaya dalam diri perusahaan memang tidaklah mudah dan memerlukan kontribusi dari semua elemen yang dalam perusahaan tersebut mulai dari top management sampai dengan karyawan dengan tingkat paling bawah. Semangat dari Kaizen yaitu ”Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini” harus mampu ditularkan ke berbagai elemen dalam perusahaan.

Selain itu semangat tiada hari tanpa perbaikan pun patut ditanamkan pada setiap karyawan sehingga lambat laun budaya itu menjadi seperti kebiasaan. Jangan lupa mulailah perbaikan dari hal paling kecil sekalipun dan hargailah perbaikan betapapun kecilnya itu.

Salam improvement..!

Filed under: Artikel, Improvement, , ,

2 Responses

  1. nana mengatakan:

    Sangat setuju!!!

  2. wira mengatakan:

    wah membantu bgt artikelnya ini.thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: