BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Honda umumkan spesies CV Matic


CV Matic

Berapa hari ini saya seringkali membaca berita tentang akan adanya spesies motor baru dari Honda. Rencananya akan diluncurkan di Asean (may be Indonesia termasuk) tahun 2010 mendatang.

Karena pengen buat opini di blog, akhirnya tancapa gas ke sumber utama di http://world.honda.com/. Dan jreng… memang benar di situs tersebut dikatakan bahwa pada tanggal 8 September 2009, Honda Motor Co, Ltd mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan transmisi otomatis baru, CV-Matic, yang digunakan pada motor bebek alias Cub.

Honda CV Matic

Walaupun ga ngerti soal mesin, saya coba ulas dengan kemampuan menerjemahkan apa yag dimaksud oleh situs tersebut.

Lets see..

Tipe mesin dengan transmisi otomatis ini diklaim akan lebih meningkatkan kepraktisan dan kenyamanan berkendara dibandungkan jenis Cub atau bebek konvensional yang merupakan jenis motor terbanyak penggunanya di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang seperti ASEAN dan Indonesia tentunya.

Dilansir lebih lanjut bahwa motor sistem baru ini akan tersedia dengan gaya gado-gado Cub-Skuter dan akan dirilis di kawasan ASEAN mulai tahun 2010.

CV Matic

Sistem tranmisi otomatis ini memiliki fitur sistem pendingin baru yang dikembangkan dari motor kecil Honda dengn teknologi transmisi otomatis. Hal tersebut akan melindungi drive belt dari temperatur tinggi yang disebabkan oleh mesin.

Mesin1

Hal tersebut akan meningkatkan ketahanan drive belt dan memungkinkan untuk memiliki desain yang lebih kompak dengan jarak yang lebih pendek antara katrol. Wuiiiihhh… gak ngerti ni… Hal tersebut menyebabkan posisi mesin tidak perlu diubah secara signifikan, cukup mengoptimalkan desain tata letak pada badan atau rangka.

Mesin2

Buat temen-temen yang ngerti mesin mungkin bisa melihat dari gambar yang ada, apa perbedaan CV Matic dengan CVT. Sayangnya desain umum bentuk motornya saya ga dapet padahal udah browse sana-sini…

Jika benar, motor spesies baru ini akan muncul pada 2010 mendatang, akan menjadi sebuah tonggak baru bukan hanya untuk Honda tetapi untuk dunia per-motoran terutama di Indonesia. Selain Honda, kabarnya Yamaha juga telah mempunyai pototype-nya yang menurut beberapa sumber menyebutnya matic mesin tengah .

So, siapa yang mo duluan neh Honda ato Yamaha..? We’ll see together bro… 

Filed under: Berita, Motorcycle, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: