BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Sekilas tentang Warehouse Management System (WMS)


guadang

Warehouse Management System atau Sistem Manajemen Pergudangan merupakan kunci utama dalam suppply chain (rantai pasok), dimana yang menjadi tujuan utama adalah mengontrol segala proses yang terjadi di dalamnya seperti shipping (pengiriman), receiving (penerimaan), putaway (penyimpanan), move (pergerakan) dan picking (pengambilan).

Paradigma baru yang terjadi sekarang ini adalah dengan integrasi proses-proses yang ada dengan menggunakan suatu teknologi seperti WiFi LAN, Radio Frequency, Biztalk, Email dan teknologi informasi lainnya. Dengan WMS, kita dapat mengontrol proses pergerakan dan penyimpanan dengan lebih baik, pemakaian space gudang dengan lebih optimal, meningkatkan efektifitas proses penerimaan dan pengiriman serta mengetahui jumlah stok dengan lebih akurat pada setiap waktu.

Benefit…

Speed Up Handling Process. Penerapan WMS pada suatu pergudangan dapat mempercepat lead time proses yaitu dengan adanya proses yang dilakukan secara komputerisasi atau otomatis yang sebelumnya harus secara manual dan dilakukan banyak orang.

Ensure Accurate Inventory Data. Dengan WMS kita mengetahui semua transaksi inventory dan jumlah stock dengan lebih cepat dan akurat dalam waktu kapan pun (real time).

Optimize Your Warehouse Layout and Space Utilization. Dengan WMS, kita dapat mengatur lokasi penyimpanan barang dengan optimal. Jumlah dan tipe barang yang akan masuk ke gudang akan dapat diatur penyimpanannya dengan tool yang ada dalam system.

FIFO Implementation. Alur distribusi barang dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prisip FIFO (First In First Out).

Automated Data Collection. Pengumpulan data dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan fasilitas radio-frequency portable data terminal (PDT) dan barcode scanner.

Cycle Counting. Penerapan WMS juga memberikan keuntungan dalam menghitung waktu/siklus setiap proses atau lead time. Data tersebut dibutuhkan untuk menghitung produktifitas gudang dan mempermudah upaya peningkatannya.

Jika pada penerapan WMS telah optimal maka keuntungan diatas dapat dicapai dan akhirnya dapat memberikan keuntungan pada perusahaan karena secara prinsip WMS akan mengoptimalkan tenaga kerja, menurangi waktu proses, mengurangi proses inventory yang tidak perlu dan akhitnya akan meningkatkan pelayanan kita kepada customer selanjutnya.

Di lain pihak, penerapan WMS juga tidak mudah dan membutuhkan penggodokan yang cukup matang. Dari desain Bussiness Process sampai dengan teknis harus fix sehingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak setiap gudang dapat atau harus menerapkan WMS karena adakalanya suatu gudang cukup menerapkan system pergudangn yang sederhana. Contohnya pada gudang dengan skala kecil atau jenis unit handling yang mudah.

Selain itu, keinginan untuk berinvestasi dari perusahaan pun ikut berperan dalam penerapan WMS. Dana investasi WMS yang terbilang cuckup besar, tentunya tidak ingin berakhir dengan sia-sia tanpa hasil.

Filed under: Artikel, Improvement, Logistic, , , ,

22 Responses

  1. jomblo ati mengatakan:

    salam kenal bang…

    mantap ni bang bahasannya…
    tahu gak brp investasinya kalo mau bikin barcoding stock? yang dibutuhkan apa aja? dan punya rekomendasi apa? stock sekitar 40-50rb item dan setiap item dihitung 1 jenis barang (bukan pcs)
    trims…

    • wans mengatakan:

      kalo masalah biaya sih relatif bu, mba, eh mbo.. panggilnya op yo..?
      pokoknya mo dibikin mahal ato murah bisa. tinggal cari software untuk generator barcodenya trus print diatas label. label biasa juga bisa asal print-nya pake laser ya jangan deskjet… hatur nuhun..

  2. gerytea mengatakan:

    good article.. Thanks.

  3. romailprincipe mengatakan:

    barcoding stock?
    berarti dikasih barcode 1-1 gitu?
    modal printer aja ama corel draw
    baru modal software manajemen stock dan scanner handheld..
    rinciannya
    Sticker = untuk 40.000-50.000 item mending beli ke supplier sticker aja, kayaknya lebih murah..aku ada kontak personnya..
    Printer = 500.000
    Software Corel draw = (ini bisa bajakan🙂 ) mungkin ori nya 2 juta
    Software manajemen stock = mungkin bisa 2-3 juta, versi sederhana, kalo mau develop yang canggih dengan MySql, mungkin menyewa expertise consultant
    scanner handheld = 3,5 juta per scanner handheld

    nah itu reka-reka nya..hihi

  4. Mytoms mengatakan:

    Dear All…

    Terima kasih artikelnya….
    wah bagus banget buat newbie seperti saya…
    untuk lebih pinter dalam pergudangan gimana caranya yah…

    kalau mau diskusi mau dong add YM saya di
    mytoms@yahoo.com

    salam hangat

    Mytoms

  5. jaud mengatakan:

    ni gmbr ky’y w knal. d daerah sunter y

  6. El Nugraha mengatakan:

    Thanks Atas artikelnya y.,
    artikelnya bagus, dan bahasa yang di gunakan mudah di mengerti
    saluuut bro.,trus update y

  7. Gled setya Budi mengatakan:

    Terima kasih atas informasiny tentang warehouse/pergudangan tapi tolong lebih diperjelas lagi dunk masalah warehouse cz saya masih harus banyak belajar maklum orang baru lulus

  8. rinda mengatakan:

    lg butuh pencerahan ttg pergudangan n kawan2nya ne…..hehe

  9. Erikk mengatakan:

    2 thumb up & million thanks, keep the spirit & be inspiring to others.

  10. albert mengatakan:

    kalau saya mau minta bantuannya sbgai konsultan mungkin?
    dan bagaimana caranya?
    Atau saya dapat mengikuti kursus kilat/training?

    Tq.

  11. muabarokbarok mengatakan:

    minta bantuan informasi

  12. Fachry mengatakan:

    Halo mas Avatarx. Artikelnya menarik dan cukup membantu saya. Kebetulan saya sdg membuat proposal proyek pengembangan aplikasi WMS yang ditanam pada Portable Data Terminal utk sebuah persh krn persh saya bergerak di bidang AIDC🙂

  13. herrip mengatakan:

    Tanks unt artikelnya pak,bsk buat tambah bahan brifing pagi.,salam semangat

  14. Blog Writer mengatakan:

    Hi Mas, ulasan WMS nya menarik🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: