BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Komparasi : Yamaha FZ16 vs Honda CBR 150


 

yamaha_fz16_black_1

Menarik juga mengikuti rumor seteru dua merk motor terkemuka yaitu Yamaha dan Honda. Rumor tersebut adalah bahwa kedua pabrikan bakal segera meluncurkan Motor Sport yag sama2 berkapasitas 150 cc. Yamaha datang dengan FZ 16 sedangkan Honda dengan CBR 150.

Tangan ini gatel juga pengen ikut nimbrung, sekedar ngasih pendapat di blog… Biarpun belum ada yang mastiin datangnya tu motor, sambil berharap n berdoa yu kita ikutan nimbrung…

Melihat perawakan kedua senjata baru ini, kayaknya agak sedikit beda gaya seh. Yang satu gaya turing sedangkan yang satu lagi racing abizz… Dengan model yang cukup lelaki, kekar, rapi dan berotot, FZ 16 layak dikedepankan untuk melakoni duel dengan senjata baru Honda. Model macho, Speedo full digital, knalpot gaya baru serta pricing yang katanya sedikit di bawah Vixi membuat air liur anda menetes… Tapi kalo punya duit ya… Kalopun ada cela yi system pendingin masih air cooled dan mesin pake karbu… Masalah tenaga, motor ini bisa mencapai 14 hp dan bagus di putaran rendah sampai menengah ala kebanyakan motor Yamaha.

honda-cbr150r-001

CBR 150…?

Motor yang dijual sekitar 37 jtan oleh IU denger2 akan didatangkan secara full CKD dari Thailand sono..  Gayanya jauh berbeda dengan FZ 16 yaitu menganut murni racing alias balap. Posisi stang agak membungkuk khas motor2 balap. Motor ini bagus di putaran tinggi dengan napas lebih panjang dari lawannya. Dengan power mencapai 17 hp, tentunya bisa menjadi ‘pemakan” FZ 16 jika AHM pinter dalam menetapkan kebijakan harga. Semisal ditaruh antara 20-25 jt, trus FZ 16 diharga 18 jt maka kemungkinan besar CBR berjaya…

Bagaimana dengan anda? Kalo masih bingung n kebetulan ada duit, trus 2 motor tadi jd diluncurin tinggal selera yang bermain. Suka motor macho ala turing ato motor balap full speed. Jangan lupa lihat lagi spesifikasinya biar gak salah beli.

Spesifikasi Yamaha FZ 16

Engine: 153.7 CC four-stroke, air-cooled, single-cylinder, 2 valves, SOHC
Power: 14 hp
Gearbox: 5-speed
Fuel System: 26mm CV Carb
Wheels (F/R): 5-spoke 17? die-cast alloys
Tyres(F/R): 100/60-R17, 140-60-R17
Brakes(F/R): 267mm single cross-drilled ventilated rotor with 2-pot calipers / 130mm drum
Suspension:
Front: 41mm Telescopic Forks
Rear: Monocross type
Headlight: 12V 35W Halogen with Multifocal Reflector
Exhaust System: Mid Ship type, side mounted
Tank capacity: 13 litres

Spesifikasi Honda CBR 150

Tipe Mesin : 4 Langkah, DOHC 4 Valve
Volume Mesin : 149,4 cc
Diameter x Langkah : 63,5 x 47,2 mm
Sistem Pendingin : Radiator
Kompresi Rasio : 11 : 1
Transmisi : 6 percepatan
Sistem Pengapian : CDI (DC Current)
Busi : CR8E (NGK) atau U24ESR-N (Denso)
Dimensi (PxLxT) : 1.910 x 652 x 1.065 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.286 mm
Berat Kosong : 115 kg
Tipe Rangka : Pentagon Frame
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Mono Shock
Rem Depan : Disk Brake Dobel Piston o 276 mm
Rem Belakang : Disk Brake o 220 mm
Ban Depan : 80/90 – 17 m/c 44P
Ban Belakang : 100/80 – 17 m/c 52P
Kapasitas Tangki : 10 Liter
Electrical : MF 12 Volt – 5 Ah
Bahan Bakar : Bensin Tanpa Timbal, Oktan 91 ke atas (Pertamax)

Filed under: Motorcycle, ,

9 Responses

  1. Perwira Aria mengatakan:

    vote : F16 aja lagi butuh motor yang bisa diajak jarak jauh

  2. adib priyahita mengatakan:

    mas..mas!!!!
    klo besok q jdi bli cbr150…tpi wktu q bsok sma…q skrng msh smp klz 3!!!!
    kira2 harga.a naek g yea??? to mungkin turun??
    tolong d jelaskan…..trims buanyak!!!!!

  3. wans mengatakan:

    kalo pndapat sy sih harga cbr semakin lama semakin murah dlm kondsi normal. krena sekarang makin banyak IU motor luar trmasuk yg import CBR. kl ksarannya mungkin bisa sampe 34 ato 35 jt..

  4. […] dibahas di artikel sebelumnya, motor ini secara spek ditempatkan dibawah Vixi. Kenapa? Dengan berbekal kapasitas mesin […]

  5. faisal mengatakan:

    mau nanya kapan keluar motor yamaha FZ16?
    bisa dipastikan ngak?
    udah ngak sabar mau beli FZ16.

  6. somyaputra mengatakan:

    saya suka fz

  7. maticmania mengatakan:

    hahahaha gak level kok di compare….🙂

  8. nengah mengatakan:

    jika honda mengeluarkan CBR dengan harga 20jt-an, saya tetap milih HONDA CBR F150.
    full power n speed

  9. jojon mengatakan:

    bagus sch bagus, tp sayang yamaha kok pelit ngasih cakram belakang sch, padahalkan udh jd motor sport, jngn kalah ama motor bebek donk, aku suka produk yamaha tapi kok ga mau ngasih cakram belakang ama motor sport nya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: