BarudakGudang

… soccer addict, automotive buff, music holic …

Pernahkah anda takut gagal?


Semua orang punya atau pernah dihinggapi rasa takut. Itu merupakan sunatullah dari yang Maha Kuasa yang pasti dipunyai setiap makhluknya dari manusia sampai binatang sekalipun. Namun setiap orang pasti memiliki kadar rasa takut yang berbeda, sehingga kita mengenal ada orang penakut yaitu untuk rasa takutnya teramat sangat. Tetapi juga ada orang dikenal dengan pemberani, tentunya dengan sifat yang berkebalikan dari yang pertama. Khusus untuk yang terakhir, seberani apapun orang pasti akan mempunyai rasa takut. Yang akan kita bahas sekarang lebih ke arah takut akan kegagalan.

Apakah anda takut gagal? atau apakah anda pernah gagal? Sedemikian takutnya sampai anda tidak berusaha untuk mencoba atau melakukan suatu hal? Coba anda pikirkan kembali, hal tersebut benar-benar tidak masuk akal dan kekanak-kanakan. Dengan tidak mencoba barang sekalipun, sebenarnya anda sudah jelas2 gagal. Karena belum tentu seburuk apapun anda berbuat anda akan gagal karena anda tidak mencobanya. Jadi, dengan kata lain rasa takut gagal adalah penyebab utama kegagalan .

Kembali ke perasaan Takut. Perhatikan pesan yang berusaha disampaikannya. Rasa takut membuat anda lebih waspada dan hati-hati. Rasa takut memberi energi ekstra. Saya pernah takut gelap, sampai2 pada satu kesempatan saya melewati kegelapan dengan lari sekencang2nya melebihi kecepatan lari normal saya. Aneh kan? Rasa takut membuat adrenalin anda meningkat dan mampu mengatasi tantangan tersulit. Tidak ada yang mampu mendorong sumber daya dalam diri anda lebih dari rasa takut. Jadilah seolah2 anda bola, semakin dalam jatuh, maka semakin tinggi dia memantul..

Jika kita pintar, rasa takut sebenarnya ada untuk mendorong anda maju, bukan untuk menahan anda untuk tidak mencoba sesuatu. Biarkan rasa takut mengajarkan anda. Tetapi jangan membuat rasa takut menghentikan langkah dan usaha anda. Saat rasa takut menahan anda, coba perhatikan baik-baik apa yang menyebabkan rasa takut dan anda akan menemukan alasan untuk bergerak maju.

Seperti telah saya kemukakan dimuka, kegagalan paling abadi adalah kegagalan untuk mulai bertindak. Bila anda sudah mencoba – dan ternyata gagal, anda memperoleh sesuatu yang bisa dipelajari dan mungkin dicoba kembali. Anda akan memiliki pelajaran dari pengalaman pernah gagal untuk tidak melakukan langkah yang sama di kemudian hari. 

Jadi, masihkah anda berdiam diri dengan tidak mencoba sesuatu yang sebenarnya menjadi kesempatan anda. Jangan jadikan rasa takut sebagai “sopir” dalam kehidupan anda. Jadilah orang yang selalu optimis dan mencoba sesuatu tanpa takut gagal. Saya yakin dari beberapa kesempatan yang anda lakukan, pasti ada salah satu yang akan berhasil.

Dunia bukanlah tujuan akhir, melainkan suatu proses dari kehidupan manusia… Selamat mencoba…!

Filed under: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: